Selasa, 26 April 2011

Pekerjaan rumah : Laporan perjalanan

Assalamu'alaikum wr wb.
Ananda kelas 5 b, bagaimana kabarnya ? sudah hilang capainya? Ok, sekarang kita coba mengambil pelajaran dari perjalanan kita kemarin ya...

Math :
  1. Bila pada hari Sabtu kita berangkat dari Semarang jam 06.15 dan sampai di Museum Gunung Merapi jam 10.10 maka berapa lama kah perjalanan kalian ?
  2. Bila jarak dari sekolah - Museum adalah 100 km, berapakah kecepatan rata-rata bus yang kalian tumpangi ?
  3. Luas area kompleks Kraton Boko adalah 160.000 m2 dan 40% nya adalah bangunan gedung dan sisanya adalah taman . Berapakah luas taman kompleks Kraton Boko?
  4. Bila kira-kira Kraton Boko didirikan tahun 705 M, maka berapakah umur bangunan tersebut dihitung dari tahun 2011 ini ?
Sejarah dan Sains
  1. Berapakah jumlah gunung berapi yang ada di Indonesia ?
  2. Menurut petugas museum, ada 3 jenis gunung di Indonesia, ingatkah kalian apakah itu dan berapakah jumlah tiap jenisnya ? Apabila semuanya dijumlah, samakah dengan jawabanmu nomer 1 ?
  3. Pada jaman raja siapakah Kraton Boko dibuat ? 
  4. Ada berapa macam bangunan di kompleks Kraton Boko ? 
  5. Menurut pendapat kalian, apakah tujuan dibuatnya tiap macam bangunan di kompleks Kraton Boko tersebut ?
  6. Hal apakah yang menurutmu luar biasa dari bangunan di kompleks Kraton Boko (lebih dari 1) ?
  7. Kompleks candi tersebut dibuat dengan disain arsitektur dan teknologi yang cukup maju serta ketelitian yang luar biasa pada masa lampau. Tentunya dibuat oleh orang-orang yang ahli yang jumlahnya cukup banyak. Namun, kemudian pengetahuan tersebut tiba-tiba seolah lenyap dan tidak dilanjutkan oleh orang-orang setelahnya. Apa penyebab hilangnya pengetahuan tersebut (menurut pendapatmu) ?
  8. Di Museum Dirgantara, terdapat sebuah pesawat yang terpotong karena ditembak jatuh oleh Belanda. Siapakah tokoh pahlawan yang gugur dalam peristiwa tersebut ?
  9. Berkaitan dengan no 8, ceritakan secara ringkas peristiwa yang melatar belakangi jatuhnya pesawat tersebut.
  10. Di pembangkit listrik tenaga angin-surya, kincir pembangkit dilengkapi dengan tali dan rem untuk menghentikan putaran kincir. Apa tujuan dari pengereman tersebut ?
  11. Berapakah tenaga listrik yang dihasilkan oleh seluruh pembangkit itu ?
  12. Berkaitan dengan no 11, bila 1 rumah memerlukan tenaga 400 watt, berapa jumlah rumah yang bisa dilayani oleh pembangkit tersebut ?
Nah, cukup ini saja pertanyaan dari Pak Priyo, selanjutnya buatlah kesan dan pendapat tentang perjalanan kita kemarin sebagai masukan agar perjalanan wisata yang akan datang menjadi lebih seru dan menarik....

Tugas ini dikumpulkan hari Jumat, 29 April 2011

Wassalamu'alaikum wr wb

3 komentar:

  1. baik pak priyo, tugas dah kami cetak mudah2an ananda Iffah dapat mengerjakan dengan tepat, yang berarti pembelajaran langsung ke lokasi dapat berkesan bagi anak didik. terima kasih banyak, smoga qita semua dimudahkan dalam segala aktivitas. Amiin

    BalasHapus
  2. Pak Priyo, saya Fia dan Risya, waktu di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Angin) sekaligus PLTS (Pembangkit LIstrik Tenaga Surya) tidak mengikuti pelajaran di sana. Apa boleh kami bertanya kepada teman2?. Terimakasih dari kami. Wassalamu'alaikum W.R. W.B.

    BalasHapus
  3. OK Pak Priyo...
    Insyaallah akan saya kerjakan dengan sebaik-baiknya...

    FARAH

    BalasHapus